Rabu, 31 Desember 2014

RPP SDN

KOMPETENSI INTI Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik. B. KOMPETENSI DASAR Merespon dengan menggulang kosa kata atau kalimat baru berkenaan dengan nama binatang dengan ucapan lantang. Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang tepat nama binatang. Memahami tulisan nama binatang secara tepat dan benar. Menyusun huruf tentang tentang nama binatang dengan tepat. C. INDIKATOR Siswa dapat melafalkan nama-nama hewan dengan benar Siswa dapat mengidentifikasi nama- nama hewan yang diperdengarkan dengan tepat. Siswa menuliskan nama-nama hewan dengan ejaan yang tepat dan benar. Siswa dapat membaca tenatang nama-nama binatang dengan pengucapan, intonasi yang benar. D. TUJUAN PEMBELAJARAN Siswa mampu menyebutkan dan membedakan nama-nama binatang dengan benar. Siswa mampu bertanya nama-nama animal dengan ejaan, pelafalan, dan intonasi yang benar. Siswa mampu menuliskan nama-nama binatang dengan ejaan yang benar. E. MATERI PEMBELAJARAN FRUITS F. METODE PEMBELAJARAN Ceramah Diskusi . Tanya jawab demontrasi Pemberian tugas. G. KEGIATAN PEMBELAJARAN Kgiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu Kegiatan pendahuluan Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan (If your happy). Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini. 5 menit Kegiatan Inti Guru menunjukkan gambar binatang dengan menggunakan flash card Guru melafalkan nama binatang tersebut dan siswa mendengarkan. Guru mengulangi kegiatan 1 dan 2, siswa menirukan Siswa menyebut nama-nama binatang yang ditunjukkan oleh guru. Guru melakukan tanya jawab melalui games tebak tebakan. Secara individu siswa mengerjakan tugas dengan menyusun nama hewan dengan tepat. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa. Guru dan siswa meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. 2 X 30 menit Kegiatan Penutup Guru memberikan PR Meberikan pujian dan motivasi agar mereka selalu semangat untuk belajar Greeting 10 menit H. Alat dan sumber pembelajaran Papan Tulis Gambar Binatang Flash Card Sumber: Buku yang relevan tentang Binatang Buku teks PENILAIAN Penilaian Sikap Spiritual Jenis/teknik penilaian: Observasi/pengamatan Bentuk instrumen dan instrumen Pedoman penskoran Penilaian Sikap Sosial Jenis/teknik penilaian: Observasi/pengamatan Bentuk instrumen dan instrumen Pedoman penskoran Penilaian Ketrampilan Jenis/teknik penilaian: Portofolio Bentuk instrumen dan instrumen Pedoman penskoran Instrumen Sikap Spiritual Nama Peserta Didik : …………………. Kelas : …………………. Tanggal Pengamatan : ………………….. Materi Pokok : ………………….. No Aspek Pengamatan Skor 1 2 3 4 1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2 Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan 3 Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi 4 Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan 5 Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan Jumlah Skor Petunjuk : 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan Petunjuk Penskoran : Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Perhitungan skor akhir menggunakan rumus : Skor/(Skor Tertinggi) x 4=skor akhir Contoh : Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir : 14/20 x 4=2,8 Konversi nilai Peserta didik memperoleh nilai : Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00 (80 – 100) Baik : apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19 (70 – 79) Cukup : apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79 (60 – 69) Kurang : apabila memperoleh skor kurang 2.40 (kurang dari 60%) Instrumen Sikap Sosial No Aspek yang diamati Deskriptor Skor Ket 4 3 2 1 1 Jujur Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan Tidak mengambil/menyalin karya orang (Plagiat) Melaporkan data atau informasi apa adanya Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki 2 Disiplin Masuk kelas tepat waktu Mengumpulkan tugas tepat waktu Memakai seragam sesuai tata tertib Mengerjakan tugas yang diberikan 3 Tanggung Jawab Melaksanakan tugas individu dengan baik Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan 4 Gotong royong Aktif dalam kerja kelompok Suka menolong teman/orang lain Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan Rela berkorban untuk oranglain 5 Toleran Menghormati pendapat teman Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya Menerima kekurangan orang lain Mememaafkan kesalahan orang lain 6 Kerja sama Mengutamakan kepentingan bersama Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok Menjunjung tinggi pendapat/kesepakatan kelompok 7 Damai Menyukai pertemanan Sebagai penengah apabila ada perbedaan pandangan Mengorganisasikan penggalangan dana untuk warga yang membutuhkan Menghargai perbedaan gender, ras, agama 8 Santun Menghormati orang yang lebih tua Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain Skor Total Keterangan Skor: Selalu = 4 Kadang-kadang = 2 Sering = 3 Tidak Pernah = 1 Skor Total = 1-10: Kurang Skor Total = 11-20: Cukup Skor Total = 21-30: Baik Skor Total = 31-40: Sangat Baik PenilaiandariAspekKeterampilan (Skills) KemampuanMenulis (Writing Skill) No Aspek yang Dinilai Kriteria Score 1 PenulisanKosa Kata Pilihankosa kata sangattepat 5 Pilihankosa kata tepat 4 Pilihankosa kata cukuptepat 3 Pilihankosa kata kurangtepat 2 Pilihankosa kata tidaktepat 1 2 Pilihan Tata Bahasa Pilihantatabahasasangattepat 5 Pilihantatabahasatepat 4 Pilihantatabahasacukuptepat 3 Pilihantatabahasakurangtepat 2 Pilihantatabahasatidaktepat 1 PenilaiandariAspekKeterampilan (Skills) KemampuanBerbicara (Speaking Skill) No Aspek yang Dinilai Kriteria Score 1 Pengucapan (Pronounciation) Hampirsempurna 5 Ada beberapakesalahannamuntidakmengganggumakna 4 Ada beberapakesalahandanmengganggumakna 3 Banyakkesalahandanmengganggumakna 2 Terlalubanyakkesalahandanmengganggumakna 1 2 Intonasi (Intonation) Hampirsempurna 5 Ada beberapakesalahannamuntidakmengganggumakna 4 Ada beberapakesalahandanmengganggumakna 3 Banyakkesalahandanmengganggumakna 2 Terlalubanyakkesalahandanmengganggumakna 1 3 Kelancaran (Fluency) Sangatlancar 5 Lancar 4 Cukuplancar 3 Kuranglancar 2 Tidaklancar 1 Malang, 30 September 2014 Mengetahui, Guru Praktikkan Guru Pamong NPM. NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar